08123038734
08123038734
08123038734
By Request

Pengaruh ICP Akibat proses kateterisasi (PCI)

Sunday, July 17th 2016. | Penelitian

Pengaruh ICP terhadap penyakit ginjal CIN akibat proses kateterisasi (PCI)

Latar Belakang Penelitian

  1. PCI merupakan salah satu metode pengobatan jantung koroner yang paling efektif, tapi resiko terjadinya penyakit ginjal CIN setelah operasi makin menjadi bahan perhatian para dokter kardiologi.
  2. Homocystine(HCY)dan cystatin C(CysC)saling mempengaruhi dan ikut ambil bagian dalam atherosklerosis, thrombosis dan proses patologi lainnya.
  3. Penelitian ini mendiskusikan pengaruh ICP terhadap fungsi ginjal (HCY dan CysC) setelah operasi PCI serta mekanisme kerjanya.

Metode Penelitian dan Pembagian Grup

Dipilih pasien dengan PCI 168 kasus,dibagi menjadi:

  • Grup observasi:84 kasus,pengobatan standar + ICP 2 kapsul/kali, tid, kosumsi 3 hari berturut-turut, setelah itu diganti 1 kapsul/kali, tid. Minum berkelanjutan selama 30 hari.
  • Grup kontrol:84 kasus,pengobatan standar

Kedua grup mejalani pengobatan selama 30 hari.

Pasien yang masuk grup terdiri dari: Unstable Angina 96 kasus, STEMI 42 kasus, NSTEMI 30 kasus.

Data pasien dari kedua grup、perbandingan data klinis operasi tidak memiliki perbedaan statistik(P>0.05),memiliki nilai perbandingan.

Kesimpulan Pokok

  1. Penyakit ginjal CIN telah menjadi penyebab terbesar ke-3 terjadinya gagal ginjal akut di RS. Sementara ini obat-obatan yang digunakan untuk mencegah dan mengobati penyakit ini terbukti tidak efisien atau merusak tubuh.
  2. Pasien ACS yang menambahkan ICP dalam pengobatannya, setelah menjalani PCI, level kreatin dibandingkan grup kontrol lebih rendah, begitu pula level hsCRP, cystatin C,homocysteine. Menunjukkan ICP dapat melindungi fungsi ginjal setelah PCI, mencegah penyakit ginjal CIN.
  3. Mekanisme kerjanya mungkin berhubungan dengan fungsi ICP melancarkan darah, anti inflamasi, anti oksidan.  ICP dapat memperbaiki hemorheology, mengurangi agregasi platelet, anti oksidan, anti inflamasi, memperbaiki elastisitas dinding pembuluh kapiler, serta fungsi elektrik pada konstruksi mikrosirkulasi ginjal, dengan begitu dapat menyembuhkan penyakit ginjal CIN sampai ke akarnya.

 


Artikel lain Pengaruh ICP Akibat proses kateterisasi (PCI)