08123038734
08123038734
08123038734
By Request

Pengaruh ICP pada Pasien Resisten Clopidogrel

Sunday, July 17th 2016. | Penelitian

Penelitian Pengaruh ICP Terhadap Agregasi Platelet pada Pasien Resisten Clopidogrel

Objek Penelitian

Terdiagnosis menderita jantung koroner (angiography membuktikan adanya 1 atau lebih cabang pembuluh koroner yang menyempit≥50%) ,dan berkomitmen pada pengobatan sekunder, dan terus mengkonsumsi clopidogrel (plavix) 75mg/d selama 1 bulan lebih, pasien yang karena sindrom koroner akut (termasuk STEMI, NSTEMI, dan unstable angina)masuk rumah sakit, selain itu resisten terhadap clopidogrel. Total 67 kasus.

Metode Pengobatan dan Indikator Observasi

Observasi seluruh kasus, konsumsi aspirin enteric-coated tablet (bayaspirin)100 mg / d ; clopidogrel (plavix) 300mg setelah dosis penuh bertahan di 75 mg/d; ICP 270mg/kali, tid.

Observasi dilakukan sebelum konsumsi obat, 7 dan 30 hari setelah konsumsi obat dengan mengecek level agregasi platelet yang diinduksi ADP.

Perubahan PAR Sebelum dan Sesudah Pengobatan

sblm dan sesudah konsumsi icpcapsule

Perbandingan sebelum dan sesudah pengobatan P<0.05

Penilaian efisiensi

67 kasus pasien setelah melalui 7 hari pengobatan ICP, 41 pasien diantaranya level agregasi platelet yang diinduksi ADP < 5Ω, efisiensi 61.2%; 30 hari setelah pengobatan ada 42 pasien dengan level agregasi platelet< 5Ω,efisiensi62. 7%。

Penilaian Keamanan

Selama percobaan tidak ada pasien yang meninggal, serangan myocardial infarction; tidak ada pendarahan otak, pendarahan saluran pencernaan, pendarahan saluran urin dan pendarahan lainnya; tidak ditemukan perubahan fungsi liver dan ginjal sebelum dan sesudah percobaan.

ICP dapat memperbaiki PAR pada pasien yang tidak mempan dengan Aspirin dan Clopidogrel

icp-clopidogrel

Hasil Penelitian

  • Mengumpulkan 24 literatur penelitian RCT tahun 1994 ~2015 , grup pengobatan menggunakan kombinasi ICP dan aspirin; grup kontrol hanya dengan aspirin. Penilaian hasil klinis terdiri dari: efisiensi pengurangan gejala angina, efisiensi perbaikan EKG, hemorheology, kekentalan darah, fungsi endotel,dll.
  • Total terdapat 2275 pasien,Hasil analisis Meta menunjukkan kombinasi ICP dan aspirin untuk mengobati jantung koroner angina memiliki keunggulan dibanding hanya dengan aspirin saja, dalam hasil klinis keseluruhan dan perbaikan level lemak darah, tingkat keamanan tinggi, layak disebar luaskan dan dijadikan referensi.

hasil

Kesimpulan

  1. Setelah keluar dari RS, pasien “jantung koroner stabil” masih perlu perawatan yang lebih ketat
  2. Setelah keluar RS kombinasi konsumsi aspirin dan ICP mungkin diperlukan bagi sebagian pasien
  3. Kombinasi ICP dan obat lainnya kemungkinan dapat memperbaiki prognosis

Memperhatikan keadaan resisten obat anti platelet kemungkinan memiliki peran besar dalam pencegahan sekunder Jantung Koroner Stabil

 


Artikel lain Pengaruh ICP pada Pasien Resisten Clopidogrel